wajan bolik

Tentang antena.

Di bidang komputer jaringan pastilah kita pernah mendengar dan tahu tentang antena. Antena digunakan untuk menangkap dan memancarkan gelombang elektromagnetik ke udara yang dihasilkan dari proses modulasi atau merubah sinyal data menjadi sinyal elektromagnetik pada bagian perangkat radio seperti Acess Point (AP), USB wireless, Bluetoth.

Antena dibagi menjadi dua (2) golongan  yaitu: satu arah atau directional dan segala arah atau omnidirectional. Antena satu arah bekerja menangkap atau memancarkan sinyal radio dalam satu arah sedangkan omnidirectional bekerja menangkap atau memancarkan  sinyal ke segala arah.

Macam contoh antena:

Antena satu arah atau directional : yagi, parabola, wajan bolik

Antena segala arah atau omnidirectional : antena telescope, coolinear.

Pembahasan antena wajan bolik.

Antena wajan bolik adalah penggambungan dua buah antena menjadi satu yaitu antena parabola dan antna kaleng, dulu penemu dan pencetus pertama dari kalangan orang komputer jaringan yang kesusahan dalam membuat jaringan tanpa kabel (wireless), pada masanya antena sangatlah mahal harganya, sangat tidak terjangkau oleh kalangan perorangan, apalagi mahasiswa.

mereka berupaya dan melakukan percobaan serta peniruan dari macam antena yang sudah ada dan diproduksi oleh pabrik untuk dijadikan acuan, dari percobaan dan teori yang ada terwujudlah antena wajan bolik, yang sesungguhnya penggabungan dari antena parabola dan antena kaleng. material yang menyusun terdiri dari:

Parabola yang berfungsi sebagai pengumpul (reflektor) gelombang elektromagnetik yang ada diudara terpancar dari antena pemancar radio (baik dari acess point, maupun dari usb wireless) yang mendapat inputan dari komputer, maka diambilkan dari wajan almunium dikarenakan barang tersebut berbentuk parabola serta banyak dijual dan terjangkau harganya.

Pole, berfungsi sebagai penangkap gelombang dan merubah menjadi ion listrik dan menghantar ke perangkat radio penerima ( acess point, usb wireless), perangkat ini tidak boleh menempel langsung (hubungsingkat / korslet) dengan reflektor, maka diambilkan dari bahan paralon PVC karena sifat plastik sebagai isolator listrik, material ini banyak dijual dan terjangkau harganya.

Syarat mutlak  material Antena:

  1. Terbuat dari bahan logam (metal), karena sifat gelombang elektromagnetik bisa dengan mudah mengumpul pada benda logam.
  2. Ringan, karena posisinya diatas rumah ataupun bangunan yang diharapkan tidak membebani tiang penyangga
  3. Tahan karat, karena diluar bangunan maka  sering terkena air hujan sehingga akan menimbulkan karat yang dapat merontokan ataupun merusak reflektor.
  4. Aerodinamis, diluar bangunan angin bebas bertiup sehingga akan menabrak antena, antena menjadi goyang yang akan berpengaruh pada arah antena  dengan konstruksi tersebut diharapkan akan mengurangi dampak tiupan angin.

 

Konstruksi dan bentuk antena wajan bolik.

Antena wajan_bolik

wajan_bolik

cara pemasangan download disini

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: