POMPA AIR LISTRIK

Air…, material penting yang dibutuhkan oleh makhluk hidup di bumi ini, pernahkah kita rasakan dalam sehari tidak menyentuh dan merasakan air?? bagaimana rasanya???

Beruntunglah makhluk yang berjenis manusia, karena dapat dan bisa mengusahakan air tanpa mengenal musim yaitu dengan cara membuat sumur.

Apakah yang dimaksud dengan sumur?? , sumur adalah lobang dengan ukuran dan kedalaman tertentu untuk menaikkan material yang ada di dalam perut bumi.

Macamnya yaitu

  1. Sumur manual (konvensional) yaitu menaikkan material dari dalam perut bumi ke permukaan bumi dengan tenaga manusia, sering dipakai oleh penduduk di pedesaan untuk mengangkat air tanah ke atas (menimba air)
  2. Sumur Pompa yaitu menaikkan material dari dalam perut bumi ke permukaan bumi dengan bantuan alat (pompa). macamnya yaitu: pompa sederhana (konvensional), pompa moderen
  3. Sumur artesis yaitu menaikkan material dari dalam bumi ke permukaan bumi  dengan sistem tekanan udara. macamnya : mata air, kedung,

contoh mesin pompa air listrik untuk rumahan merek shimizu

Pompa Air ,

Ada beberapa macam cara yang dilakukan atau diusahakan manusia untuk mendapatkan material dari perut bumi, misalkan air. Dahulu sebelum manusia kian padat, untuk mendapatkan air manusia cukup ke sungai atau mengambil di mata air, dengan kualitas air yang layak konsumsi, akan tetapi dengan bertambahnya jumlah populasi manusia yang diiringi bertambah macam dan ragam kebutuhan yang bersangkutan dengan air, air bukan hanya sebagai kebutuhan primer manusia saja yaitu : minum, mandi akan tetapi sudah meluas dan merambah ke kebutuhan sekunder yaitu mencuci, guna mencukupi kebutuhan tersebut manusia mengusahakan pompa untuk mengangkat air dari dalam perut ke permukaan bumi, banyak ragam macam pompa yaitu tradisonal : dengan sistim ayun  ato sering disebut pompa dragon, ataupun sitem pompa moderen yaitu : pompa tenaga listrik, pompa tenaga bbm, pompa tenaga angin.

Di toko-tokopun mulai dan sudah banyak  menyediakan peralatan pompa air terutama yang bertenaga listrik sering dan biasa di sebut pompa air listrik, harganya pun berfariasi dari yang murah sampe yang selangit, dari yang kualitan rendahan sampe kualitan wahid, dari kebutuhan rumah tangga sampe kebutuhan industri, dari ukuran kecil sampe seukuran gajah…

download daftar harga pompa air bermacam tipe disini

Instalasi pipa sumur dengan menggunakan penampungan.

Cara ini sangat lah efektif dan hemat karena motor pompa air tidak selalu menyala saat kita membuka kran, karena air yang dihisap dari sumur ditampung didalam tandon atau bak penampungan. Letak bak penampungan diusahakan lebih tinggi dari pompa, karena akan mempercepat daya luncur air yang keluar dari tandon. Karena sesuai hukum gravitasi.

contoh instalasi pipa untuk sumur perumahan dengan pompa listrik

  1. Instalasi pipa air sumur dengan satu (1) penampungan (tandon).

konstruksi instalasi pipa air perumahan

keterangan gambar

  1. Pompa : berfungsi sebagai mesin utama untuk mengangkat air
  2. tandon: berfungsi sebagai tempat penampungan air
  3. pipa pembatas air : berfungsi membatasi kapasitas air yang ditampung didalam tandon.
  4. kran pengurasan  : berfungsi saluran pembuangan air saat tandon akan dibersihkan, sehinga tidak perlu menguras dari tutup.
  5. saklar otomatis : berfungsi mematikan listrik yang masuk ke pompa sesuai ukuran pelampung yang ada didalam tandon.

2. Instalasi pipa air sumur dengan dua (2) penampungan (tandon).

pilihan dua(2) tandon satu masukan dua keluaran

keterangan gambar

  1. Pompa : berfungsi sebagai mesin utama untuk mengangkat air
  2. tandon: berfungsi sebagai tempat penampungan air
  3. pipa pembatas air : berfungsi membatasi kapasitas air yang ditampung didalam tandon.
  4. kran pengurasan  : berfungsi saluran pembuangan air saat tandon akan dibersihkan, sehinga tidak perlu menguras dari tutup.
  5. saklar otomatis : berfungsi mematikan listrik yang masuk ke pompa sesuai ukuran pelampung yang ada didalam tandon.
  6. kran pelampung : berfungsi menghentikan aliran air secara mekanik dari sumber saat sudah mendekati batasan permukaan air.

11 Balasan ke POMPA AIR LISTRIK

  1. Slamet Wirabhwana mengatakan:

    Apakah model seperti gambar diatas bisa juga di terapkan pada dua tandon yang jaraknya 25 meter? apa kendalanya? Mohon pencerahan.

  2. yoan mengatakan:

    saya sdah mencobanya seperti model di atas gan, kendalanya adalah pipa pematas air tida berfingsi dengan baik, saat penuh air muncrat keluar tanpa berhenti padahal mesin sudah di matikan…ada saran gant

  3. arsil ardhy mengatakan:

    mau tanya cara instalasi kelistrikan 1 pompa tapi dari 2 meteran listrik yang berbeda bagaimana pak?

    • optimisteknik mengatakan:

      jangan di lakukan jika 2 meteran yang berbeda dikhawatirkan salah menyambungkan kabel, maka akan trip (anjlog/jeglek) lebih baik ditentukan salah satu meteran (sumber listrik),trims

  4. tri mengatakan:

    kalo sudah pake saklar otomatis kenapa pake kran pelampung, bukankah setelah permukaan air pada level tertentu, pompa mati karena ada saklar otomatis?

    • optimisteknik mengatakan:

      ya benar, kran pelampung berfungsi sa’at saklar otomatis mengalami kerusakan (korslet), jika ini terjadi, kemungkinan air bisa mludak, nah maka sa’at itulah peran benda tersebut untuk menutup air saat melebihi batas yang ditentukan, okeee?….keep smile

  5. Mulya mengatakan:

    Jika menggunakan dua tandon dengan 1 radar, bagaimana instalasi yg baik supaya air dlm tandon tersirkulasi dengan baik? Terimakasih atas sarannya.

  6. mulyabo mengatakan:

    Mohon saran untuk menggabung dua tandon dengan satu radar bentuk sambungan pipa antar tandon supaya air bersirkulasi dengan baik. tks

  7. anggoropuguhanggoro mengatakan:

    bisa tolong sarannya pak….saya punya 2 tandon…tandon tanam(air dariPDAM) dan tandon atas ( air dari sumur)…untuk instalasinya gimana pak jika menggunakan 1 pompa air….ini rencana saya switch artinya jika butuh dari salah satu tandon dapat memenuhi air kamar mandi…terima kasih ..alamat email saya anggoro.puguh@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

%d blogger menyukai ini: