MESIN CUCI

Kita pasti pernah dan mengalami betapa repotnya mencuci pakaian, kita harus menyisihkan waktu dan kesempatan untuk berbasah – basahan di kamar mandi ataupun ditempat yang berair yang sangat laaaa….maaaaa…., apalagi jika musim hujan mungkin bisa sampe satu lemari pakaian harus dicuci dan membutuhkan berjam – jam untuk mencucinya, dengan menggunakan papan penggilesan dicampur dengan kekuatan otot serta busa deterjen .

mesin cuci tenaga nasi dan umr (upah minimum regional)

Beruntunglah sobat di era serba cepat dan serba sibuk saat ini, sudah tersedia mesin yang dapat membantu manusia dalam urusan cuci mencuci,  serta harganyapun terjangkau berkisar satu jutaan lebih, jika pake mesin yang diperlukan hanya listrik, air, deterjen serta cucian, setelah itu bisa kita sambi dengan kegiatan yang lainnya.

Nah, kesimpulannya urusan cuci mencuci lebih baik diserahkan pada mesin, kita tinggal nunggu en jemur aja.

Macam mesin cuci yaitu : manual ( konvensional)  dan otomatis (mendatar dan berdiri )

mesin cuci manual atau konvensional

mesin cuci otomatis tipe mendatar dan berdiri

cara kerja

sistem kerja mesin cuci yaitu: mencuci, membilas,  pengeringan, prosesnya…

  1. mencuci, cucian  masuk di drum penampungan dicampur dengan air dan detergen (sabun cuci disarankan yang serbuk dan cair,  pakai sabun colek juga boleh cuman tidak disarankan), lalu drum di putar oleh motor listrik selama waktu yang ditentukan (ditentukan berdasarkan timer pada  panel jika manual atau oleh mikroposesor jika mesin cuci otomatis) putaran drum bolak balik.
  2. membilas, pembilasan, setelah proses cucian pertama lalu proses mencuci lagi bisa dikatakan pembilasan (jika pada mesin otomatis berlangsung secara otomatis sedangkan pada mesin manual proses seperti mencuci yaitu dengan memutar timer cuci atau wash), pada proses ini tidak diperlukan deterjen, hanya cucian dan air.
  3. pengeringan, setelah proses mencuci dan membuang air lalu cucian diangkat dan masuk ke drum pengeringan atau spin, proses ini cucian diputar tanpa air dengan kecepatan tinggi selama beberapa menit sesuia waktu yang ditentukan pada timer spin, jika mesin otomatis proses pengeringan berjalan secara sendirinya.

baju atau cucian siap di jemur.

Cara pemasangan atau penempatan.

  1. Tempatkan pada lokasi yang kering, jauh dari genangan air agar bodi atau badan measin cuci terhindar dari berkarat.
  2. Hindarkan terkena cahaya matahari langsung, agar terhindar panas yang berlebih yang dapat merusak atau memudarkan warna bodinya.
  3. Dekatkan sumber listrik, stopkontak dipasang menempel tembok dan dekat mesin cuci  (boleh  diatas, samping atas dan bawah mesin cuci) sehingga kabel power tidak tegang (rapi) dan pasang kabel ground dengan diikatkan pada tembok memakai paku sehingga pemakai terhindar dari sengatan listrik.
  4. Penyaluran air sumber dan dan air buang menggunakan pipa peralon atau selang, sehingga sekitar mesin cuci menjadi rapi dan tetap kering.
  5. Usahakan sekitar mesin cuci bebas dari barang – barang lain karena untuk menghindari ditempati oleh tikus (menjadi sarang tikus), serangga (kecoa, semut).

Peringatan

Tidak disarankan digunakan untuk mencuci makhluk hidup, ataupun memandikan anak

toloooong.... aku mau mandi sendiri..

pah.....mah.... saya mau kebulan.........

2 Balasan ke MESIN CUCI

  1. dismanto mengatakan:

    Tanya nih? Kenapa banyak kabel di dalam mesin cuci yg sering diobrak-abrik tikus? Ada trik untuk mengusir tikus nggak? Tapi nggak ngusir mbak inul yang seksi. Satu lagi, nitip cuci daleman ke mbak inul dong!

    • optimisteknik mengatakan:

      haha….,1.karena mesin untuk mencuci pakaian maka ada cipratan atau tetesan air yang masuk ke kolong mesin atau di dalam kabin motor penggerak sehingga memancing tikus, 2.mesin cuci sering ditempatkan di dalam kamar mandi atau kolong mesin cuci sering basah sehingga ruang motor penggerak menjadi lembab, ini sangat disukai oleh tikus, ….lalu tikus lewat mana?… dibawah mesin cuci ada lobang udara untuk pendinginan motor dan lewat air yang terciprat ke kabin( bukan saluran pembuangan) si tikus itu menggerogoti atau memperbesar lobang untuk tetesan ar (lewat air)..nah jika lobang sudah lebar maka tikus itu masuk, disitu dijadikan sarang, nah karena bersarang itu makluk suka mengasah gigi, sehingga kabel tersebutlah sebagai saranan untuk mengasah gigi (ngrikiti) gito mas dismanto.
      SOLUSI…1.tempatkan mesin pada ruangan yang bersih (bebas sampah dan genangan air), 2. tempatkan pada tempat yn terang, 3. tabur kapur barus(tikus tidak tahan dengan aroma tersebut)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: