MENANGKAL PETIR

Petir …,sering kita lihat dan kita dengar efeknya, makhluk ini sering muncul jika hari menjelang akan hujan atau jika awan mendung, langit gelap, tiba-tiba ada kilatan cahaya yang terkadang diikuti oleh gemuruh suara yang menggelegar di langit, yang menjadi pertanyaan kita adalah, apakah petir tersebut? dan kenapa terjadi petir?

Ada beberapa versi yang menerangkan terjadinya kilatan cahaya ini,  diantaranya yaitu :

versi menurut orang tua

Pernah kita dengar cerita dari kakek atau nenek kita yaitu katanya petir tersebut terjadi dikarenakan lemparan malaikat dari langit terhadap setan(duh…duh…kasian tuh setan, udah buruk rupa pake kesamber petir lagi….),  lemparan inilah yang terlihat sebagai kilatan cahaya pada tempat – tempat tertentu.

versi ilmiah

Percikan api yang disebabkan oleh selisih tegangan yang sangat besar diantara awan dan awan atau  di antara awan dan bumi, kenapa? sebab selisih tegangan antara awan dan bumi selama cuaca buruk dapat mencapai 3 milyar volt ataupun lebih (sumber : informasi praktis elektronika nomor 1, paket 2, PT MULTI MEDIA, GRAMEDIA GRUP, JAKARTA)

Bumi ini tiap hari lebih dari setengah juta kali tersambar kilat, sekejap sebelum terjadinya buang muatan diatmosfer, jadi sebelum kilat terjadilah buang muatan awal.

Proses buang muatan awal ini tak tampak oleh mata manusia, proses ini  dapat dikatakan sebagai pelopor yang menentukan rute yang akan ditempuh kilat, sebab seperti halnya arus di dalam penghantar, begitu pula kilat mencari jalan yang sekecil mungkin resistansinya (hambatan listrik), proses mencari jalan termudah (terkecil resistansi) inilah yang menimbulkan kelak – kelok yang tampak tersebut.

Pada saat buangmuatan awal itu memdekati permukaan bumi sejauh kira – kira 100 meter, maka dari bumi keluarlah buangmuatan lawan. Biasanya (sering) ini terjadi dari tempat yang tinggi, misalkan pohon, menara, bangunan dan lainnya yang lebih tinggi pada permukaan bumi (terdekat dengan langit). Pada saat keduan buangmuatan saling bertemu, terjadilah buangmuatan induk yaitu petir .

Bagai mana cara menangkalnya (petir), agar tidak terkena(menyambar) pada kita ataupun barang yang kita miliki?.

Dengan mengalihkan media(tempat) buangmuatan atau memberikan jalan tersingkat untuk petir berbuangmutan ke bumi, jadi pengertian penangkal petir adalah memberikan jalan tersingkat (melewatkan) petir untuk  buangmuatan ke bumi.

Karakteristik petir sama dengan listrik yaitu menghantar pada konduktor (logam dan air).  Jadi jika kita akan melindungi bangunan (beserta isinya) yang lebih tinggi dari bangunan disekitarnya misalkan bangunan di tengah areal persawahan dan tanah lapang, menara, tower antena dan lainya,yaitu dengan memberikan atau dipasang perangkat penagkal petir.

Pemasangan perangkat penangkal petir.

Ada beberapa tahapan jika kita akan memasang penangkal petir untuk bangunan, yaitu :

1.   Menentukan lokasi Grounding (Arde ) dan jalur perkabelan usahakan jangan dekat lalu lalang manusia, hewan ternak , peralatan elektronika / listrik dan yang lainnya.
2.  Menentukan panjang dan diameter kabel BC dengan cara :

  • Mengukur panjang kerpus (atap tertinggi pada bangunan untuk tempat penangkap petir /spit dan kabel penghantarnya).
  • Mengukur tinggi bangunan (acuanya permukaan tanah sampai atap tertinggi)
  • ukuran kabel BC tipe twist 15 mm,20 mm, 25mm

3.  Menentukan ukuran penagkap petir (SPIT) , ukuran di pasaran : kecil 1/2 inchi (drat dudukan), 3/4 inchi (dudukan)

membuatkan perpanjangan spit dari pipa besi atau plat besi dan jarak dudukan pada kerpus dengan partokan ukuran

lebar kerpus dan ketebalan kerpus.

4.    Menentukan jumlah Klem Kerpus, idealnya 1 meter 2 klem dengan acuan panjang kerpus dan tinggi bangunan.

contoh gambar desain pemasangan penangkal petir

desain penangkal petir di smk n1 ampelgading

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: