LANGKAH MEMBAYAR PAJAK KENDARAAN DI KAB.PEMALANG

Kita pasti pernah atau sering  kebingungan jika pajak kendaraan hampir habis masa berlaku atau sudah lewat waktu untuk bayar pajak atau jatuh tempo bayar pajak (sering kita sebut perpanjangan STNK ),walaupun kenyataanya tidak membuat panjang STNK akan tetapi hanya masa berlaku pajak.Dalam masa kebingungan itu terbersit keniatan untuk menyerahkan urusan tersebut kepada orang yang sering menawarkan jasa pengurusan STNK dan yang berhubungan dengan surat kendaraan atau sering disebut calo,jika ini kita lakukan maka akan membengkaklah biaya yang dikeluarkan, dikarenakan biaya tidak hanya untuk pajak melainkan biaya pengurusannya. Dalam kesempatan ini saya akan membagi pengalaman saya kepada pembaca agar bisa hemat dengan mengurus sendiri di kantor SAMSAT, pelayananyapun cukup cepat hanya berpindah meja saja. berikut langkah pembayaran pajak kendaraan bermotor/mobil diwilayah kabupaten Pemalang.

Langkah pertama siapkan uang untuk bayar pajak yang sesuai ada di STNK dan persiapan biaya lain serta surat-suratnya:

  1. STNK asli
  2. BPKB asli
  3. KTP asli

Langkah kedua fotocopi surat-surat tersebut  beserta yang asli (kecuali BPKB) dan masukan ke stopmap, tulis stopmap tersebut nama pemilik sesuai STNK dan Nomor polisi (nomor Pelat):

  1. mobil pake stopmap warna biru atau hijau
  2. motor pake stopmap warna merah

Langkah ketiga beli stiker Parkir Berlangganan sebesar Rp 20.000,-,lalu disertakan pada stopmap tersebut.

Langka keempat tumpuk stopmap tersebut pada loket pertama,tunggu sampe petugas pendaftaran memanggil nama yang tertera pada stopmap,

Langkah kelima membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 10.000,- (mobil) Rp 5.000,- (motor) dan mendapatkan tanda bukti (slip)pembayaran pajak kendaraan.

Langkah keenam membayar pajak pada kasir dengan menyertakan slip tersebut untuk distempel LUNAS.

Langkah ketujuh memberikan slip tersebut kepada kasir2 untuk ditukarkan dengan STNK yang sudah disahkan pembayaran pajak, pada tahap ini kita tidak mendapatkan slip pembayaran karena slip tersebut ditarik oleh kasir

Demikian langkah pembayaran pajak kendaraan di wilayah Kabupaten Pemalang, dan kemungkinan sama seperti diwilayah lainnya… smoga bermanfaat.

LANGKAH MENGGANTI TANDA NOMOR KENDARAAN BERMOTOR (TNKB)

Berbeda sedikit dengan diatas dalam hal ini sama, yaitu membayar pajak kendaraan bermotor tetapi plat nomornya habis masa berlaku sehingga perlu mengganti yang baru karena plat nomor kendaraan berlaku hanya 5 ( lima ) tahun.

Langkah pertama siapkan uang untuk bayar pajak yang sesuai ada di STNK dan persiapan biaya lain serta surat-suratnya:

  1. STNK asli
  2. BPKB asli
  3. KTP asli

Langkah kedua fotocopi surat-surat tersebut  beserta yang asli (kecuali BPKB) dan masukan ke stopmap, tulis stopmap tersebut nama pemilik sesuai STNK dan Nomor polisi (nomor Pelat):

  1. mobil pake stopmap warna biru atau hijau
  2. sepeda motor pake stopmap warna merah

Langkah ketiga beli stiker Parkir Berlangganan sebesar Rp 15.000,-( jumlah bisa berubah sesuai perda), lalu disertakan pada stopmap tersebut.

Langkah keempat cek fisik kendaraan bermotor yaitu petugas cek fisik mencatat nomor seri rangka dan mesin  (siapkan uang kecil karena petugas biasanya meminta tiips uang dengan ucapan sakti “SEIKHLASNYA”).

Langkah kelima ambil formulir pendaftaran.

Langka keenam tumpuk stopmap tersebut pada loket Pendaftaran,tunggu sampe petugas pendaftaran memanggil nama yang tertera pada stopmap, dan anda akan mendapatkan nomer urut pembayaran dan jumlah uang yang akan dibayarkan kepada kasir.

Langkah ketujuh tunggu panggilan sesuai urutan lalu  membayar pajak sesuai yang tertera pada slip pajak.

Langkah kedelapan tunggu panggilan lalu menyerahkan bukti pembayaran kepada petugas dan anda akan mendapatkan Surat Tanda Kendaraan Bermotor (STNK) baru, KTP asli, Stiker Parkir berlangganan

Langkah kesembilan mengambil Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNBK) dengan menunjukkan STNK (pada tahap ini siapkan uang karena petugas pencetak TNBK akan meminta tiips “SEIKHLASNYA”).

Demikian semoga bermanfaat,. trims tetap semangat bayar pajak.

 

 

 

 

4 Balasan ke LANGKAH MEMBAYAR PAJAK KENDARAAN DI KAB.PEMALANG

  1. apabila nama ktp bukan nama asli yang tertera di stnk, dan motor menggunakan plat luar kota misal plat B, bagaimana cara saya membayar pajak kendaraan di kab. Pemalang, apakah bisa dan tidak/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: